Jumat, 09 Maret 2012

KEDUDUKAN ILMU PENGETAHUAN DAN AL QURAN
  
  Al Quran merupakan petunjuk yang diturunkan Allah SWT kepada Rasullullah SAW sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia, mengapa disebut sebagai petunjuk? sejatinya Al Quran bukan hanya sekedar satra yang diartikan tidak dengan cara Tekstual, namun harus diartikan dengan cara yang Kontekstual dengan menggunakan pendekatan ilmiah sebagai jalan menemukan petunjuk bagi Manusia dalam menjalankan hukum-hukum yang telah ada dalam Al Quran.

   Al Quran itu sendiri merupakan suatu kebenaran yang bernilai mutlak, sedangkan Ilmu Pengetahuan Ilmiah bernilai relatif, yaitu bernilai benar atau salah. Alquran itu sendiri merupakan Rahmatan lil 'alamiin, mengapa demikian? karena semua yang ada di Alquran merupakan Ilmu Pengetahuan yang disajikan Allah SWT untuk dipelajari manusia untuk mengerti tentang ciptaan AllahSWT dan mengerti tentang kebesarannya. Maka dari itu Al Quran merupakan Ilmu Pengetahuan yang harus dimengerti manusia khusunya Orang-orang yang beriman, karena dengan kita mempelajari Al Quran maka kita dapat menciptakan peradaban Islam yang maju serta lebih dari itu.
   Penggunaan akal dalam mentafsirkan Al Quran sebelumnya telah dilakukan oleh Khalifah Umar Bin Khattab, beliau melakukan Ijtihad-Ijtihad yang begitu kontroversial dalam penerapannya, seperti tentang harta rampasan perang, hukum potong tangan, dll. Tetapi yang terjadi pada masyarakat Muslim saat ini adalah mereka tidak mau menjadikan Ilmu Pengetahuan sebagai pemecahan masalah terhadap tafsiran dari Ayat- Ayat Allah, bukankah hal ini merupakan problematika yang serius sehingga banyak di antara saudara muslim kita mengartikan Al Quran secara tekstual? bagaimana kita dapat memajukan Islam jika kita masih menggunakan tasir yang tekstual? 
    Memang Kapasitas Ilmu Pengetahuan dalam mentafsirkan Al Quran memiliki nilai Benar atau Salah, sedangkan nilai kebenaran Al Quran bersifat Mutlak, namun jika kita tidak menggunakan pendekatan Ilmiah dalam mentafsirkan ayat-ayat Allah maka yang terjadi adalah kesalahan penyampaian ifnormasi yang diberikan Allah kepada hambanya, Jika Ilmu Pengetahuan Ilmiah tidak sejalan dengan Al Quran maka Ilmu pengetahuanlah yang salah, karena data-data yang dimilki manusia tidak akan sebanding dengan Ilmu yang dimiliki Allah SWT. Allah telah menegaskan bahwa Ilmu Pengetahuan Allah sangatlah luas dan Allah telah memberi Analogi bahwa 7 lautan sekalipun uang dijadikan tinta untuk menuliskan ilmu Allah tidak akan cukup untuk menuliskannya.
    Di dalam Al Quran banyak sekali ayat-ayat yang menjelaskan tentang penciptaan alam semesta, penciptaan manusia, serta hal hal lain yang masih banyak mengandung Ilmu Pengetahuan yang dapat dieksplorasi oleh manusia, karena sejatinya Al Quran merupakan petunjuk dalam kehidupan dunia maupun Akhirat, Ilmu Pengetahuan merupakan sarana yang logis dalam mentafsirkan Ayat-ayat allah secara Objektif. Ada 5 hal mengapa Ilmu Pengetahuan dipandang logis dalam mentafsirkan Ayat-Ayat Allah yaitu :
  1. Ilmu Pengetahuan memiliki nilai kebenaran yang Valid jika dibandingkan dengan pendekatan non ilmiah
  2. Tingkat pemahaman seseorang dalam mengerti Ilmu Pengetahuan tergantung dari informasi yang dimilikinya sendiri.
  3. Wahyu Allah merupakan Pengetahuan baik secara material maupun imaterial yang dapat diterapkan di segala hal, baik dalam hal politik, dakwah dll.
  4. Sebagian besar Ayat-ayat Al Quran merupakan hal yang umum, sehingga perlu ditafsirkan secara kontekstual.
  5. Informasi yang turun dari Allah tidak menggunakan tidak menggunakan sistematika Ilmiah, melankan dengan faktor kebahasaan. Sehingga jika diartikan secara kebahasaan akan banyak yang salah mentafsirkan.
    Ilmu Pengetahuan dalam mentafsirkan ayat-ayat Allah SWT tentulah memiliki sistematika ilmiah dalam pendekatannya, sehingga dalam penggunaan Ilmu Pengetahuan haruslah disesuaikan antara ayat-ayat Allah SWT dengan Ilmu Pengetahuan yang terkait, sehingga memiliki keterkaitan antara objek yang hendak ditelti dengan referensi yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar